Mon. May 25th, 2020

Majalah Wisata

News | Travel | Experience

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Menghilangkan Stres

2 min read

Stres merupakan hal umum yang terjadi di masyarakat, mungkin semua orang pernah mengalami stres, beragam hal dapat memicu terjadinya stres.

Jika dibiarkan berkepanjangan, stres bisa mengganggu fungsi pencernaan, imun, hingga sistem syaraf, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya lewat makanan. Makanan yang dianggap efektif menurunkan stres adalah dark chocolate alias cokelat hitam yang kaya akan antioksidan.

Namun, selain cokelat ternyata ada banyak makanan yang bisa membantu kita meredakan stres berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan stres :

1. Alpukat

Alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat stres karena tinggi asam lemak omega 3, Vitamin E, Vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres, depresi serta kecemasan.

2. Ikan

Jenis ikan berlemak seperti salmon, makerel, sarden, hingga tuna kaya akan asam lemak omega 3, Vitamin B6 dan Vitamin B12 yang diketahui mampu menurunkan tingkat kortisol dan melawan stres. Kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan tersebut setidaknya dua kali seminggu.

3. Teh herbal

Minum teh herbal bisa membawa efek menenangkan di pikiran. Teh herbal mampu menurunkan tingkat stres dan menstabilkan suasana hati kita. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kemampuan untuk menurunkan stres karena kadar kafeinnya yang rendah dan tinggi L-theanine, protein yang membantu otak untuk rileks.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan lainnya yang membantu mengatur hormon stres serotonin. Oatmeal kaya akan Vitamin B dan magnesium yang membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.

5. Telur

Telur tinggi akan protein, kolin, asam lemak omega 3 dan nutrisi lainnya yang secara signifikan mampu meningkatkan suasana hati dengan menurunkan stres dan kecemasan.

6. Produk Susu

Produk susu seperti yogurt, susu dan keju adalah sumber probiotik yang baik. Probiotik mendukung kesehatan usus dengan melindunginya dari bakteri berbahaya, memperlancar pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Probiotik juga dikenal mampu menurunkan stres, kecemasan dan depresi.

7. Buah-buahan

Beberapa jenis buah dapat membantu meredakan stres.  Buah sitrus, misalnya, menurut sebuah studi, buah sitrus kaya akan Vitamim C, antioksidan yang dapat larut dalam air dan dikenal mampu meredakan stres. Vitamin C bisa menurunkan stres fisik, stres emosional dan kecemasan, yang seringkali muncul ketika kita stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.