Fri. Jan 24th, 2020

Majalah Wisata

News | Travel | Experience

Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi Saat Berada di Kintamani

4 min read

Kintamani merupakan salah satu objek wisata bali yang menjadi tujuan favorit para pelancong yang datang ke bali adalah tempat – tempat wisata alamnya yang dikenal sangat eksotis pemandangan alamnya dan romantis suasananya, dan fasilitas untuk berlibur yang memadai. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat di Kintamani

Desa Penelokan Kintamani

Nama Desa Penelokan ini sendiri sebenarnya mempunyai arti yang sesuai dengan lokasi terletaknya desa tersebut. Arti dari kata ‘penelokan’ dalam bahasa Bali adalah tempat untuk dilihat. Arti ini sangatlah cocok dengan lokasi desa di mana pemandangan menakjubkan dari Gunung dan Danau Batur bisa dilihat dengan sangat jelas. Tentu saja, ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa Anda harus mengunjungi Desa Penelokan. Selain itu, pemandangan Gunung Abang juga bisa dinikmati langsung dari desa ini. Tak heran jika hingga saat ini, ada banyak sekali turis lokal dan asing yang merasa tertarik dan penasaran untuk mengunjungi salah satu desa wisata di Kintamani ini.

Suhu disekitar area Desa Penelokan bisa dibilang cukup sejuk karena berada pada kisaran 22° Celcius. Tak heran jika di sebagian besar area desa tersebut Anda akan menemukan banyak perkebunan, yang hasil alam utamanya adalah jeruk dan juga kopi. Jika beruntung, maka Anda juga bisa berkesempatan untuk membeli hasil alam lokal tersebut untuk Anda nikmati sendiri atau Anda jadikan sebagai oleh-oleh sepulang liburan nanti. Suhu daerah Penelokan yang sejuk ini tentunya juga sangat cocok untuk sekedar menghabiskan waktu menikmati pemandangan indah yang tentunya merupakan salah satu anugerah Sang Pencipta.

Danau Batur

Danau Batur Kintamani menjadi destinasi wisata yang wajib di kunjungi kalau berkunjung ke daerah Kintamani, Bali. Berada di daerah dataran tinggi, traveler pun bakal merasakan suasana yang adem dan menyejukkan. Terlebih lagi, danau yang satu ini benar-benar bisa menyejukkan setiap mata yang memandangnya.

Para traveler yang berkunjung ke sini, bisa menyaksikan pemandangan danau dengan air berwarna hijau kebiru-biruan. Danau yang terletak di lereng Gunung Batur ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang ingin pergi jauh dari keramaian. Lokasinya yang berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini jadi destinai yang cocok untuk mencari ketenangan.

Gunung Batur

Gunung Batur juga dikenal terutama oleh masyarakat lokal sebagai gunung yang paling suci kedua di wilayah Bali. Pada tahun 1977, erupsi dari gunung ini terjadi, menelan cukup banyak korban jiwa, dan juga menghancurkan banyak tempat termasuk pura-pura yang ada di sekitarnya. Hal ini tentu juga merupakan satu hal bersejarah yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat di sekitar gunung tersebut.

Saat Anda melakukan petualangan pendakian Gunung Batur, mungking Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa kegiatan wisata lainnya yang bisa Anda lakukan setelah pendakian. Contohnya, Anda bisa menginap di salah satu hotel di kawasan Toya Bungkah yang terkenal mempunyai banyak pilihan penginapan dari yang paling mahal hingga yang harga sewanya sangat terjangkau. Anda juga bisa menghabiskan waktu Anda dengan berendam di salah satu kolam pemandian air panas alami yang juga terletak di Desa Toya Bungkah. Setelah lelah mendaki gunung, berendam di air panas seperti ini tentunya bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa lelah dan juga membuat otot-otot Anda yang kaku menjadi rileks kembali, bukan?

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian air panas Toya Bungkah menjadi pilihan wisata yang ramai dikunjungi di kawasan Kintamani. Apalagi, air panas yang ada di tempat ini dikenal bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Sebagai bonusnya, Anda juga bisa melakukan aktivitas berendam air panas sembari menyaksikan pemandangan alam Kintamani yang menakjubkan.

Di sini, Anda akan menemukan kolam air panas alami yang ditempatkan dalam sebuah kolam. Lokasi Pemandian air panas Toya Bungkah itu pun tidak jauh dari Danau Batur. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikan keindahan alam Danau Batur secara langsung. Suasananya pun bakal semakin menarik kalau Anda memilih untuk berendam di sore hari, saat matahari mulai terbenam.

Pura Ulun Danu Batur

Salah satu pura yang cukup terkenal di Bali dikenal dengan nama Pura Ulun Danu Batur. Pura yang terletak di wilayah Kintamani ini merupakan pura terbesar kedua yang ada di wilayah pulau bali. Mungkin Anda juga sudah mengetahui bahwa pura terbesar yang pertama di pulau tersebut adalah Pura Besakih. Bagi Anda yang belum mengetahui sejarah dari Pura Ulun Danu Batur ini, mungkin Anda mengira bahwa bangunan dari pura tersebut sejak pertama berdirinya sudah berada di lokasi yang saat ini. Kenyataannya tidaklah demikian karena sebenarnya awalnya lokasi pura ini terletak tepat di kaki Gunung Batur. Akan tetapi, erupsi gunung yang terjadi pada tahun 1926 mengakibatkan kerusakan yang cukup besar terhadap bangunan pura tersebut sehingga akhirnya pura tersebut dipindah dan dibangun kembali di lokasi yang berbeda. Uniknya, walaupun sebagian besar bagian pura rusak karena erupsi tadi, ada sebuah kuil yang diperuntukkan secara khusus untuk Dewi Ulun Danu tidaklah rusak sehingga bisa ikut dibawa ke lokasi pura yang baru.

Desa Trunyan

Kalau berkunjung ke Kintamani di Pulau Bali, alangkah sayang jika tidak mampir ke Desa Trunyan Bali. Tempat ini merupakan salah satu desa tertua yang ada di Pulau Dewata. Tak hanya itu, para wisatawan yang datang ke tempat ini pun bisa menyaksikan tradisi masyarakat Desa Trunyan yang telah dilakukan secara turun temurun.

Tradisi tersebut tidak lain adalah cara pemakaman mayat yang unik. Di tempat ini, mayat pun tidak akan dibakar melalui upacara ngaben seperti di tempat lain di Pulau Bali. Tidak pula dikubur seperti layaknya yang biasa dijumpai di berbagai tempat. Di Desa Trunyan Bali ini, mayat akan dibiarkan begitu saja di alam terbuka yang disebut dengan nama mepasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.