Mon. Apr 6th, 2020

Majalah Wisata

News | Travel | Experience

Tips Menjaga Kesehatan Saat Liburan di Musim Hujan dan Musim Dingin

2 min read

Ketika liburan dimulai berbeda di tiap daerah sehingga waktu untuk pergi berlibur pun berbeda-beda.

Namun kapanpun berangkatnya, yang pasti liburan akan berisi aktivitas jalan-jalan, senang-senang, dan banyak dilakukan di luar ruangan.

Saking senang-senangnya, kadang-kadang suka lupa bahwa akhir tahun ini juga waktunya musim hujan di Indonesia. Bahkan musim dingin di belahan bumi bagian utara Garis Khatulistiwa.

Akhir-akhir ini hujan mulai sering menyapa bersama dengan tiupan angin. Pergantian cuaca seperti ini biasanya mengundang berbagai gangguan kesehatan. Biar cuma sekadar batuk pilek, atau diare, dapat menyebabkan kacaunya liburan.

Berikut ini tips agar kita tetap sehat selama dan sesudah liburan di musim hujan :

1. Menjaga agar seluruh tubuh tetap kering dan hangat

Cara yang mudah adalah dengan senantiasa membawa payung atau jas hujan ketika bepergian. Selain itu, menyediakan pakaian ganti, kaos kaki, dan handuk di dalam ransel. Bungkus semuanya dalam plastik atau tas kedap air agar tidak basah jika kehujanan.

Untuk yang berlibur ke destinasi yang sedang mengalami musim dingin,   sudah pasti memakai pakaian yang cukup tebal, agar tubuh tidak kedinginan.

Pakaian tambahan, seperti jaket, syal, dan kaos kaki juga harus berada di tas, untuk dipakai jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Menjaga asupan gizi dan cairan yang memadai

Makanan yang bergizi lengkap dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jambu, jeruk, mangga, pepaya, lemon, tomat, bayam, dan brokoli banyak mengandung vitamin C dan antioksidan, yang berperan dalam pembentukan daya tahan tubuh.

Dokter yang memiliki situs kenapayadok.com ini juga menyarakan untuk mengurangi asupan gula, garam, dan alkohol. Gula, garam, dan alkohol dapat menghambat kerja sel darah putih yang berperan melawan kuman dan virus.

3. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tidak harus rumit, karena bisa dimulai dengan rajin mencuci tangan.
Jika tidak ada sabun dan air yang mengalir, gunakan cairan atau gel antiseptik pembersih tangan atau tisu basah.

Menggunakan masker jika berada di tempat yang penuh dengan orang. Bisa saja satu dari banyak orang itu sednag sakit, dan virusnya menyebar di udara.

4. Tetap olahraga dan aktif bergerak.

Liburan seringkali menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Sedapat mungkin usahakan olahraga. Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk lebih aktif, lebih banyak berjalan, memilih naik tangga daripada menggunakan lift, dan sebagainya

5. Cukup tidur

Mentang-mentang sedang liburan, jadi dipuas-puaskan untuk  bergadang. Padahal. kata dr santi, cukup tidur meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mampu membuat perlawanan terhadap virus dan kuman.

Gunakan penutup mata dan penutup telinga, minum segelas susu hangat, atau makan pisang untuk mempermudah kita jatuh tertidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.